Outcome Based Education ( OBE )
Visi Program Studi
“Menjadi Program Studi S1 Teknik Sipil yang Unggul dan Terkemuka di Indonesia, menghasilkan Tenaga Profesional di bidang struktur dan manajemen konstruksi, memenuhi Kebutuhan Industri dan masyarakat dalam persaingan global pada Tahun 2024.”
Program Studi S1 Teknik Sipil UMB menerapkan misi sebagai berikut:
- Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dan mencapai keunggulan akademik untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang struktur, transportasi, geoteknik, hidroteknik dan manajemen konstruksi yang memenuhi standar kualitas kerja yang disyaratkan.
- Menerapkan manajemen pendidikan tinggi yang efektif dan efisien, dan mengembangkan jaringan kerjasama yang berkelanjutan dengan industri dan kemitraan di bidang struktur, transportasi, geoteknik, hidroteknik dan manajemen konstruksi, sebagai respon atas perubahan arus dan daya saing global.
- Melaksanakan pengembangan karakter mahasiswa berjiwa kewirausahaan dan etika profesi yang memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas hidup.
Dari Visi Misi Program Studi Teknik Sipil yang didasarkan dari SKKNI dijabarkan menjadi Profil Profesional Mandiri Program Studi.
Profil Profesional Mandiri Program Studi Teknik Sipil sebagai berikut :
- Berjiwa Pancasila dan memiliki Integritas kepribadian yang tinggi .
- Bersifat Terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang Teknik Sipil.
- Menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknologi yang dimilikinya sesuai dengan bidang teknik sipil dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
- Menguasai dasar-dasar ilmiah serta pengetahuan dan metodologi bidang Teknik Sipil sehingga mampu menemukan,memahami,menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalahyang ada didalam kawasan keahliannya.
- Mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan ketrampilannya sesuai dengan bidang Teknik Sipil.
- Mampu dan bersikap positif untuk secara mandiri mengembangkan ilmu yang telah dimilki secara arif dan bijaksana sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan perkembangan masyarakat.
- Memiliki kemampuan menalar,yakni menalar dan mensintesa persoalan sesuai dengan bidang Teknik sipil.
- Dapat bekerja dan diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan, dalam bidang perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengelolaan di bidang teknik berdasarkan konsep keilmuannya.
- Mampu meningkatkan keterampilan di lapangan pekerjaan.
- Mempunyai bekal yang cukup untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi.
Dalam kurikulum 2013, Program Studi Teknik Sipil memiliki tujuan yang secara detail dijabarkan di dalam Capaian Pembelajaran Lulusan ( CPL ) sebagai berikut :
CPL 1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menjalankan syariat beragama dalam kehidupan
CPL 2 Memiliki kesadaran dan kemauan untuk melakukan pembelajaran
CPL 3 Mampu menerapkan ilmu dasar matematika dan sains serta ilmu dasar keteknikan bidang Rekayasa Sipil
CPL 4 Mampu menerapkan prinsip-prinsip, peraturan, norma, standar, pedoman, dan manual yang berlaku pada bidang Rekayasa Sipil
CPL 5 Mampu melakukan eksperimen laboratorium dan atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik
CPL 6 Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan bidang Rekayasa Sipil
CPL 7 Mampu merencanakan, merancang, dan menyelesaikan desain bidang Rekayasa Sipil
CPL 8 Mampu menerapkan software bidang Rekayasa Sipil
CPL 9 Mampu untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan bidang Rekayasa Sipil
CPL 10 Mampu menerapkan technopreneurship dan manajemen finance bidang Rekayasa Sipil
CPL 11 Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik dan benar
CPL 12 Mampu bekerjasama dalam tim
Pengembangan kurikulum program studi Teknik Sipil tahun 2013 sebagai learning outcomes didasarkan pada beberapa standar yakni Standar International ABET, Standar Nasional dan Standar Lokal sebagai karakteristik dan Benchmarking capaian pembelajaran Program Studi.